30.4 C
Indonesia
Jumat, 17 Mei 2024

Pemkab Tulungagung Gelar Upacara Memperingati Hardiknas, Kartini, dan Otonomi Daerah

Berita Terbaru

AKTUALONLINE.co.id TULUNGAGUNG |||
Dalam semangat menghormati hari-hari besar nasional, Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Hari Kartini, dan Hari Otonomi Daerah XXVIII tahun 2024, di halaman Pemkab Tulungagung, Kamis (2/5/2024).

Upacara dipimpin oleh PJ Bupati Tulungagung, Dr. Ir. Heru Suseno, M.T., dihadiri oleh Wakapolres Tulungagung Christian Bagus Yulianto, S.H., S.I.K., M.Si, dan Dandim 0807 LETKOL Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P., Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung Ahmad Muchlis S.H, M.H, Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung Cyrilla Nur Endah Sulistyaningrum, SH.,MH, Ketua DPRD Tulungagung Marsono, S. Sos dan Sekda Kupaten Tulungagung.

Selain itu, juga dihadiri, Kepala OPD Pemerintah Tulungagung, PJU Polres Tulungagung, PJU Kodim 0807 Tulungagung, dan tamu undangan lainnya.Untuk peserta Upacara Anggota Kodim 0807, Anggota Polres Tulungagung, Dishub, Satpol PP, Anggota pemerintah Daerah, Mahasiswa dan Pelajar.

Dalam pidatonya, PJ Bupati Heru Suseno menekankan pentingnya gerakan Merdeka Belajar sebagai sarana untuk menghadapi tantangan pendidikan dan memanfaatkan peluang yang ada untuk kemajuan Indonesia.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar dan mengubah perspektif tentang proses pembelajaran”, ujarnya.

“Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat. Sekarang kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar”, paparnya.

Heru Suseno juga mengingatkan tentang kontribusi RA Kartini dalam meningkatkan peran perempuan dan mendesak agar perempuan terus berdaya untuk kemajuan bangsa. Peringatan Hari Kartini tahun ini dijadikan sebagai momentum untuk memperjuangkan kesetaraan gender dan memajukan pendidikan.

“Kartini merupakan pahlawan bagi kesetaraan perempuan dan laki-laki, karena memberikan teladan dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan memberikan kontribusi cukup besar bagi kemajuan pendidikan, terutama pendidikan bagi kaum perempuan”, bebernya.

Sementara itu, Hari Otonomi Daerah diperingati sebagai kesempatan untuk merefleksikan kemajuan daerah dan merencanakan langkah strategis untuk kesejahteraan masyarakat.

“Memperingati Hari Otonom Daerah menjadi momentum untuk mengukuhkan komitmen Pemerintah daerah dalam memajukan daerahnya, dan kesempatan bagi kita semua untuk merefleksikan perjalanan otonomi daerah dan merencanakan langkah-langkah strategis ke depan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat”, pungkasnya.

Acara diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada pelajar dan atlet berprestasi dari Kabupaten Tulungagung oleh PJ Bupati Tulungagung, yang didampingi oleh Forkopimda, sebagai pengakuan atas pencapaian mereka. ||| Dodik

 

 

Editor : Zul

Baca Selanjutnya

Berita lainnya