19.4 C
Indonesia
Kamis, 18 Juli 2024

Reses Drs Daniel Pinem Hadirkan Tiga OPD Tuntaskan Keluhan Masyarakat Medan Tuntungan

Berita Terbaru

AKTUALONLINE.co.id MEDAN |||
Masyarakat Kecamatan Medan Tuntungan mengeluhkan kondisi sejumlah ruas jalan di wilayah tersebut yang rusak dan berlubang. Selain itu, buruknya drainase di beberapa lingkungan juga turut dikeluhkan warga.

Keluhan terhadap kondisi jalan dan drainase ini merupakan sebagian dari aspirasi warga yang disampaikan pada Pelaksanaan Reses Masa Sidang II Tahun Ketiga TA 2022 Anggota DPRD Kota Medan dari Dapil V, Drs Daniel Pinem yang digelar di Balai Zeqita Jalan Jamin Ginting Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan, Jumat (26/08/2022).

Hadir dalam acara reses ini, perwakilan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan, Camat Medan Tuntungan Harry Tarigan, perwakilan Kelurahan Simpang Selayang dan jajaran Kepling serta ratusan warga. Turut hadir juga salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Karo, Edi Ginting.

Seperti diungkapkan Purba warga Jalan Bunga Rampai 3 yang mengeluh kondisi jalan di tempat tinggalnya sepanjang 100 M yang telah rusak bertahun-tahun.

“Mohon diperbaiki pak. Jalan ini telah lama rusak dan banyak terjadi kecelakaan, kami minta perhatian Pemko Medan,” ucapnya.

Begitu juga Robert Sinukaban warga Perumahan Bekala Asri keluhkan jalan rusak dan berlobang. Dan juga berharap dilakukan perbaikan karena rawan kecelakaan.

Sedangkan Henita Pinem warga Jalan Pintu Air IV mengeluhkan drainase di lingkungannya yang telah lama tersumbat. Akibatnya, bila hujan turun, keluarganya selalu mengorek parit agar tidak terjadi banjir.

“Drainase ini menyulitkan kami karena harus selalu dikorek bila turun hujan, mohon dinas terkait memperbaikinya,” harap Henita.

Selain itu, Henita juga menyampaikan kekhawatiran akan adanya pohon besar di dekat rumahnya yang rawan roboh, dan ada juga tiang listrik yang posisinya sudah miring.

Lampu jalan jalan juga permasalahan warga. Seperti Purba yang mengungkapkan di Jalan Bunga Rampai 3 banyak lampu jalan yang padam sehingga rawan kejahatan. Begitu juga salah seorang warga yang tinggal di Gang Pinem Jalan Jamin Ginting mengaku resah dengan tidak adanya lampu jalan di gang tersebut.

Menyahuti keluhan dan aspirasi warga, anggota DPRD Kota Medan Drs Daniel Pinem meminta kepada pihak terkait di Pemko Medan agar segera menindaklanjutinya dengan perbaikan yang dibutuhkan warga.

Untuk masalah jalan di Jalan Bunga Rampai 3, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan ini menyebut pihaknya telah mengajukan perbaikan jalan tersebut ke Dinas PU Medan.

Sementara perwakilan PU Medan Gunawan mengatakan, saat ini pihaknya tengah membenahi drainase di Jalan Bunga Rampai 3.

“Pembangunan jalan akan dilakukan setelah drainase dibenahi. Bila jalan diperbaiki tapi kondisi drainase buruk dan terjadi banjir, maka akan kembali merusak jalan,” terangnya.

Sedangkan untuk drainase Jalan Pintu Air IV akan segera dilakuan perbaikan setelah drainase wilayah lain dibenahi.

Sementara untuk kondisi lampu jalan di Jalan Bunga Rampai 3, perwakilan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan Panca Ginting menyebutkan akan diajukan ke pimpinan untuk dilakukan perbaikan.

Sedangkan persoalan pohon rawan tumbang di Jalan Pintu Air IV, Daniel Pinem minta agar warga memfoto pohon tersebut untuk ditindaklanjutinya ke DKP Kota Medan agar segera dilakukan penanganan yang dibutuhkan.

Dalam kesempatan ini, Daniel Pinem yang duduk di Komisi IV membidangi pembangunan kota menjelaskan, Pemko Medan saat ini sangat gigih membenahi infrastruktur Kota Medan.

“Banyak masalah infrastruktur di kota ini yang harus dibenahi. Karenanya telah dianggarkan Rp 1,4 Triliun untuk membenahi infrastruktur Kota Medan,” paparnya.

Di akhir acara, Daniel Pinem minta kepada warga untuk selalu peduli lingkungan dengan memperhatikan apa saja kendala dan masalah di lingkungan. Bila ada persoalan, warga bisa mengajukan usulan untuk dilakukan perbaikan.

“Saya akan selalu menindaklanjuti usulan warga ke Pemko Medan. Karenanya, warga jangan bosan-bosan mengajukan usulan dan aspirasi kepada kami (DPRD Medan). Namun bila belum ditanggapi Pemko Medan, kami akan terus mengawal usulan-usulan warga hingga direalisasikan Pemko Medan.Dan apa yang dikeluhkan warga akan kita bawa dalam rapat paripurna reses DPRD Medan,” katanya.

Sebelumnya Camat Medan Tuntungan, Harry Tarigan menyampaikan, kami hadir disini sebagai bentuk kolaborasi sebagaimana anjuran Walikota Medan bagaimana saling mengisi. Drs Daniel Pinem yang mengadakan reses hari ini kami selalu eksekutifnya.

Jadi disini kita menerima aspirasi apa yang belum dimasukkan dalam perbaikan infrastruktur baik jalan maupun drainase maupun dalam bentuk sosial akhirnya BPJS maupun PKH lainnya silakan, kata Camat Medan Tuntungan. ||| Ramli Sarumaha

 

Editor : Zul

Baca Selanjutnya

Berita lainnya