27.4 C
Indonesia
Rabu, 1 Mei 2024

Forkopimda Bateng Mengadakan Apel Satkamling Upaya Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Jelang Pemilu 2024

Berita Terbaru

Aktualonline. Koba ||| Kepolisian Resor (Polres) Bangka Tengah mengadakan Apel Satkamling (Satuan Keamanan Lingkungan) sebagai upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat jelang pemilu serentak tahun 2024, di Halaman Markas Kepolisian Resor Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (21/06/23).

Dalam amanatnya, Kapolri menyampaikan hal mengenai revitalisasi Satkamling. Satkamling merupakan unit terkecil yang beranggotakan warga setempat di tingkat RT/RW, dan berperan sebagai garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW.

“Satkamling diharapkan dapat menjadi early warning terhadap potensi kejahatan, serta dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat, sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif,” pesan Kapolri.

Dirinya juga meminta, agar Satkamling dapat terus berkoordinasi dan bersinergi dengan TNI-Polri serta pemangku kepentingan lainnya.

Agenda Pemilu 2024 menjadi tantangan Satkamling ke depan. Unit ini diharapkan dapat menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, agar tidak ada perpecahan masyarakat karena perbedaan pilihan.

“Seperti amanat Kapolri, kita harus menjaga keamanan bersama, sehingga apapun gejolak yang ada di masyarakat, mereka (Satkamling) dapat turut serta secara aktif membantu menanganinya, baik keamanan, situasi politik, dan lain sebagainya,” imbuh Kapolres Bangka Tengah yang ditemui seusai apel.

Bupati Bangka Tengah pun mengatakan, persiapan dalam menjaga ketertiban lingkungan dalam menyongsong Pemilu 2024 ini sangat penting dilaksanakan.

“Saya berharap, kegiatan Satkamling dapat menjadi media yang paling tepat bagi warga untuk bertemu, bermusyawarah, dan bermufakat dalam menyikapi persoalan yang ada di kampung. Bersama-sama dapat menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024 agar pelaksanaan bisa berjalan lancar, aman, tertib, dan damai,” ucap Algafry.

Dalam acara ini, turut diumumkan para pemenang Lomba Pos Satkamling se-Kabupaten Bateng dengan Juara Pertama adalah Pos Satkamling Desa Lubuk Lingkuk, Kecamatan Lubuk Besar, kedua adalah Pos Satkamling Gabungan Kelurahan Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan, serta pemenang ketiga adalah Pos Satkamling Desa Kurau Timur, Kecamatan Koba.

Dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman beserta Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Muhammad Husaini. Apel ini dipimpin oleh Kapolres Bangka Tengah, AKBP Dwi Budi Murtiono, yang membacakan amanat apel dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.||| Kyt/*

 

 

Editur : Ah

Baca Selanjutnya

Berita lainnya