22.4 C
Indonesia
Kamis, 18 Juli 2024

Menteri Koperasi dan UKM Resmikan Pos Bloc Medan

Berita Terbaru

* Pos Bloc Dapat Jadi Rumah UMKM

AKTUALONLINE.co.id MEDAN |||
Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki meresmikan pembukaan Pos Bloc Medan, Sabtu (29/10/2022). Malam.

Ada 42 tenant yang terdiri dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Medan yang mengisi Pos Bloc yang berada di Gedung Kantor Pos Medan tersebut.
Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan kembang api di area depan Gedung Kantor Pos Medan.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan peresmian Pos Bloc di Kota Medan, Sumatera Utara, akan menjadi salah satu langkah penting bagi kebangkitan UMKM, khususnya di Kota Medan.

“Saya berterima kasih pada PT Pos Indonesia yang sudah memberikan ruang bagi UMKM terutama karena Kantor Pos ada di ruang strategis. Saya optimistis ini dapat menjadi ikon Kota Medan,” ujar MenKopUKM Teten Masduki dalam Peresmian Pos Bloc Medan, Sumatera Utara, Sabtu, 29 Oktober 2022 malam.

Menteri Teten menegaskan Pos Bloc ini akan menjadi bagian dari ekosistem pertumbuhan UMKM. Sehingga nantinya, para pelaku UMKM yang hadir di wilayah itu hanya tinggal diintegrasikan sehingga Pos Bloc Medan dapat menjadi rumah kreatif UMKM.

“Ke depan nanti bisa dikoneksikan ke pembiayaan, bahan baku, perusahaan dan sebagainya. Sehingga, kita harapkan sinergi dengan para kurator produk UMKM dapat terus meningkat,” kata Menteri Teten. Berkaca dari suksesnya M Bloc Space di Jakarta, Pos Bloc Medan ini juga diyakini dapat memberikan pengaruh yang kuat untuk membangun citra brand UMKM.

Selain itu, Menteri Teten menegaskan Medan juga memiliki kekayaan produk dan juga narasi sejarah yang dapat memperkuat brand lokal.

“Kota Medan kaya dengan narasi dan sejarahnya. Ini akan memperkuat brand lokal kalau kita betul-betul mau mengaitkan UMKM dengan story, karakter daerah, dan sebagainya. Jadi saya melihat Pos Bloc Medan akan menjadi rumah bagi UMKM dan menjual produk UMKM harus begini, kreatif,” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Pos Indonesia Faisal Rahmad Jumadi mengatakan Pos Bloc Medan merupakan pembangunan kedua setelah M Bloc Space Jakarta diresmikan.

Gedung yang telah berusia 101 tahun ini disebutnya akan diperuntukan sebagai tempat bagi anak muda untuk menggagas kreativitas mereka.

“Jadi ini sebagai tempat berkreasi anak muda untuk kemajuan Kota Medan. Saya harapkan yang akan menempati Pos Bloc Medan UMKM 100 persen jadi pengusaha besar di sini. Jadi semoga dapat membantu UMKM untuk berkembang dan tumbuh,” ujar Faisal.

“Kami persembahkan Pos Bloc Medan untuk UMKM Kota Medan. Mari jaga gedung ini bersama dan rawat bersama serta kita isi dengan segala hal yang mendukung kemajuan Kota Medan. Pos Bloc di Kota Medan, Sumatera Utara akan menjadi salah satu langkah penting bagi kebangkitan UMKM,” jelasnya.

Komisaris Utama PT Ruang Kreatif Pos Handoko Hendroyono menambahkan, hadirnya Pos Bloc Medan menjadi sebuah upaya yang luar biasa karena memanfaatkan ruang kurang efektif menjadi efektif dan menyulapnya agar dapat menguntungkan semua pihak.

“Mudah-mudahan ini membawa berkah bagi kita semua,” ujar Handoko

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengucapkan terima kasih pada Kementerian BUMN khususnya PT Pos Indonesia karena telah membangun Pos Bloc di Kota Medan. Pos Bloc Medan yang saat ini membina 28 UMKM dikatakan merupakan hasil aspirasi para anak muda yang menginginkan hadirnya tempat bertukar pikiran layaknya M Bloc Space di Jakarta.

“Jadi dulu Pak Erick Thohir berkunjung ke Medan untuk meninjau vaksinasi. Dalam kesempatan itu saya sampaikan bahwa anak-anak kota Medan melihat M Bloc Space telah menjadi tempat yang luar biasa untuk bertukar pikiran anak-anak muda. Mereka juga ingin membuat M Bloc Space di Medan seperti di Jakarta. Kami harapkan perekonomian bisa bangkit di sini yakni anak kreatif dan UMKM Kota Medan,” ujar Bobby.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki Dan bersama Direktur Utama PT. Pos Indonesia Faisal Rahmad Jumadi berserta anggota dan rombongan mengunjungi dan mencicipi produk di tenant yang ada di Pos Bloc Medan. Selanjutnya kegiatan pelepasan kembang api didepan gedung kantor pos. Kegiatan berlangsung aman, sukses dan kondusif. ||| Samsidar Saragih

 

 

Editor : Zul

Baca Selanjutnya

Berita lainnya