27.4 C
Indonesia
Rabu, 1 Mei 2024

BERITA VIDEO : Kepala BP2MI Benny Rhamdani Kunjungi Negeri Indah Kepingan Surga Samosir

Berita Terbaru

* Sekaligus Sosialisasi Kepada Generasi Tunas Bangsa

AKTUALONLINE.co.id SAMOSIR |||
Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Pusat, Benny Rhamdani untuk pertama kalinya berkunjung ke Pulau Samosir berjuluk ‘Negeri Indah Kepingan Surga’ sekaligus melakukan Sosialisasi kepada Generasi Tunas Bangsa, anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata, di SMKN 1 Simanindo, Kelurahan TUKTUK Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat (11/3/2022).

Sosialisasi yang langsung dibuka oleh Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang MM ini juga turut dihadiri oleh Deputi Penempatan dan Perlindungan BP2MI Kawasan Amerika dan Pasifik, Lasro Simbolon, Siti Rolijah Kepala UPT BP2MI Sumatera Utara, Kadisnaker Kabupaten Samosir Rista Sitanggang.

Kepala BP2MI Pusat, Benny Rhamdani dan rombongan disambut dengan Tor Tor (Tarian yang indah), yang dirangkai dengan Tor Tor Tunggal Panaluan dan mengajak para undangan dalam Tor Tor Marhusip (membisikkan sesuatu), kepada pak Benny.

Dalam sambutan melalui tuan rumah, Kepala SMKN I Simanindo Jhonson Hutagaol menyampaikan, bahwa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Negeri 1 Simanindo memiliki jurusan pamungkas yakni jurusan Perhotelan dan tata boga, lalu Sekolah Kompetensi Keahlian lainnya adalah SMK Swasta HKBP Pangururan (Teknik Audio Video dan Teknik Kendaraan Ringan), dengan Kepala Sekolah, Dinor Tua Sitanggang. S.Pd. dan SMK Swasta Karya Jaya (Administrasi Perkantoran dan Akuntansi) dipimpin Kepala Sekolah, Amser Sitanggang, ST. Kemudian SMK Swasta HKBP Ambarita (Teknik Kendaraan Ringan dan Administrasi Perkantoran) dengan Kepala Sekolah Drs. Pinondang Panjaitan.

Untuk itu, dengan adanya sosialisasi Perlindungan Pekerja yang dilaksanakan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dapat memberikan manfaat bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) Negeri 1 Simanindo,” Ujar Jhonson.

Sementara itu Wakil Bupati Samosir, Drs Martua Sitanggang MM dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Badan BP2MI Benny Rhamdani yang telah menggelar sosialisasi penempatan perlindungan pekerja migran kepada siswa-siswi di Kabupaten Samosir.

“Masyarakat Kabupaten Samosir yang menjadi pekerja migran di Negara ziran atau Malaysia yang terdaftar di Kadisnaker Kabupaten Samosir dengan tujuan Malaysia dari Tahun 2017 sampai Tahun 2021 sebanyak 380 orang.

Kemudian yang mengikuti program pemagangan ke Jepang sebanyak 21 orang dan pemagangan ke Malaysia sebanyak 7 orang total pekerja migran dari Kabupaten Samosir dari tahun 2017 sampai tahun 2021 sebanyak 408 orang,” Ujar Wakil Bupati Samosir, Drs Martua Sitanggang.

“Sosialisasi ini juga akan menambah ilmu para siswa-siswi yang berminat mencari pekerjaan di luar Negeri “Dengan bekerja diluar Negeri akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para keluarga yang bekerja diluar Negeri, namun harus menggunakan jalur yang resmi.

Setiap warga Negara yang mau dan sedang atau telah melakukan pekerjaan diluar wilayah Republik Indonesia merupakan sumber devisa bagi Negara dan juga merupakan peluang kerja bagi masyarakat Indonesia termasuk warga Kabupaten Samosir,” Sebut Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang.

Sementara Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Kabupaten Samosir memiliki nilai-nilai kearifan lokal dan juga memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, oleh karna itu kekayaan harus kita jaga dan dipelihara serta dipertahankan,” Ucap Benny Rhamdani.

Benny Rhamdani juga mengatakan, peluang kerja ke luar Negeri sangat terbuka termasuk Negara Jepang, “Jepang saat ini butuh kurang lebih 70 ribu pekerja. Selain itu, kami juga sudah menandatangani kerjasama dengan Negara Jerman, Korea, Hongkong, Singapura.

“Peluang kerja ini harus kita manfaatkan dengan baik dan Pemerintah Daerah harus tangkap peluang ini, sehingga para siswa-siswi yang akan segera menyelesaikan studi di SMA-SMK bisa langsung bekerja di luar Negeri, namun harus melalui jalur resmi,” Ujar Kepala BP2MI Benny Rhamdani.

Diakhir acara, Bupati Samosir diwakili Wakil Bupati Samosir Drs Martua Sitanggang, MM memberikan cenderamata berupa Ulos Kepada Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Benny Rhamdani, Deputi Penempatan dan Perlindungan BP2MI Kawasan Amerika dan Pasifik Lasro Simbolon dan Kepala UPT BP2MI Sumatera Utara, Siti Rolijah.

Sekilas tentang Benny Rhamdani dimana sapaan akrabnya di Sulawesi Utara ‘BRANI’ ini lahir di Bandung, 3 Maret 1968. Jabatan terakhir sebagai anggota DPD RI daerah pemilihan Sulawesi Utara (2014-2019). Selama menjadi anggota DPD RI, beberapa jabatan pernah diamanahkan, yakni sebagai Wakil Ketua Komite I DPD RI (2014-2017 dan 2017-2017), serta menjadi Anggota Badan Sosialisasi MPR (2017-2018). ||| Z3S

 

 

 

Editor : Zul

Baca Selanjutnya

Berita lainnya