Advertisements

* Belum Ada Temuan KIPI

AKTUALONLINE.co.id SIMALUNGUN |||
Progres Vaksinasi untuk anak usia 6-11 Tahun yang pada umunya didominasi siswa Sekolah Dasar akan berlangsung hingga Jumat mendatang, sejak dilakukan vaksin sampai saat ini, Selasa (11/1/2022) belum ada keluhan atau temuan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Kegembiraan anak-anak saat mengikuti Vaksin dan tidak merasa takut, karena jauh hari sebelumnya para Guru mereka sudah memberikan pemahaman yang lebih baik, supaya bisa bersekolah dan belajar secara tatap muka.

KIPI merupakan bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang disuntikkan.

Efek samping vaksinasi memiliki reaksi yang berbeda-beda di setiap orang.

KIPI ini dibagi dalam 2 kelompok yakni KIPI ringan dan berat.

KIPI ringan cenderung bersifat lokal, mudah diatasi dan bisa hilang dengan sendirinya seperti demam, pusing maupun nyeri, KIPI berat menunjukkan gejala yang parah dan biasanya tidak berlangsung lama seperti kecacatan, syok anafilaktik dan alergi.

Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Parapat, dr Haposan Silalahi, saat dikonfirmasi terkait keberlangsungan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun.

Lurah Parapat dan Anggota Polsek Padapat monitoring Situasi Vaksinasi di SD 50 Parapat.

Setara dengan itu, sekaitan dengan himbauan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang memastikan anak-anak usia 6-11 tahun akan menerima vaksin Covid-19 di Sekolah, “Vaksin Anak, Sayangi Keluarga”.

Dari pantauan sementara sepertinya anak-anak ini lebih berani divaksin dan mekanismenya sudah diatur dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak sekolah masing-masing sesuai jadwal program “Bulan imunisasi anak” yang biasa dilakukan di sekolah.

Sementara menurut data dan laporan yang baru masuk menurut dr Haposan masih dalam rekapan update manual, kalau sudah fix akan segera kami kabari ujarnya sembari menyampaikan hasil Vaksinasi dari 3 lokasi Sekolah Dasar, dari beberapa SD yang sudah Vaksin di Kelurahan Parapat, Sipangan Bolon, Girsang dan Nagori lainnya.

Berikut data sementara:

1. Dari SD 091462 Parapat
Jumlah sasaran : 208 orang
Yang di vaksin : 138 orang
Tunda : 16 orang
Yang tidak hadir : 54 orang
Usia Remaja : 6 orang
Anak : 132 orang

2. Dari SD 091465 Parapat
Jlh sasaran : 234 orang
Yang di vaksin : 160 orang
Ditunda : 9 orang
Yang tidak hadir : 66 orang
Usia Remaja : 7 orang
Anak-anak : 153 orang

3. Dari SD 091469 : 57 orang
Yang sakit : 8 orang
Masyarakat umum : 1 orang

Berikut Jadwal Vaksinasi dan Target.

Jadwal dan target Vaksinasi di sejumlah Sekolah Dasar se Kecamatan Girsang Sipangan Bolon dan sebahagian besar sudah berjalan dengan baik.

Secara khusus untuk hunian SD paling banyak di Kelurahan Parapat, menurut Lurah Parapat Rohana Sinaga SH kegiatan Vaksinasi anak sekolah itu berjalan dengan baik, dan tetap sama-sama memantau dan mendampingi kegiatan bersama Camat Girsang Sipangan Bolon Marwandi Y Simaibang, Kapolsek Parapat AKP J Silalahi dan Personel Polsek Parapat dibantu Anggota Koramil 11 Parapat, bersama tim Vaksinatornya dari Puskesmas Parapat, Ujarnya. ||| JESS

 

 

Editor : Zul