Advertisements

Advertisements
AKTUALONLINE.co.id.SOLOK |||
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok menetapkan tiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Solok dari Empat Bakal Calon Rabu (23/9). Penetapan ketiga Paslon dilakukan berdasarkan keputusan Rapat Pleno tertutup yang digelar KPU Kabupaten Solok.

Ketua KPU Kabupaten Solok Ir.Gadis didampingi Komisioner KPU Jons Manedi mengatakan, penetapan paslon dilakukan secara internal KPU. Adapun keputusan penetapan itu dituangkan dalam Surat Keputusan nomor 80/PL.02.3-Kpt/1302/KPU-kab/IX/2020.

Dia mengakui ada sedikit kekecawaan dari masyarakat dan para pendukung paslon karena hanya dilakukan secara internal. Namun, langkah ini diambil sesuai PKPU Nomor 6 tahun 2020 jo PKPU Nomor 10 tahun 2020 yang mengharuskan tahapan Pilkada mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Ini sesuai aturan PKPU, jadi memang harus diikuti agar meminalisir potensi-potensi penyebaran virus Covid-19. Dengan demikian, kita hanya melakukan rapat pleno secara internal,” uarainya.

Senada dengan itu, Komisioner KPU Jons Manedi mengatakan, penetapan paslon dilakukan secara internal“Selanjutnya, KPU Kabupaten Solok akan melakukan pencabutan nomor urut pasangan calon pada Kamis (24/9).

Tahapan ini juga dilakukan secara terbatas. kita akan lakukan pencabutan nomor urut calon. Atas alasan protokol kesehatan, tahapan ini dilakukan secara terbatas. Nah untuk masyarakat yang ingin melihat dapat menyaksikan secara langsung melalui Facebook KPU Kabupaten Solok” jelas Jons Manedi.

Dijelaskan dia, ketiga paslon yang ditetapkan KPU Kabupaten Solok untuk Pilkada Kabupaten Solok 2020 diantaranya, paslon Epyardi Asda- Jonfirman Pandu (PAN- Gerindra), Nofi Candra- Yulfadri Nurdin (PPP- Nasdem), Desra Ediwan- Adli (Golkar-PKS).

Sementara untuk pasangan Iriadi Dt Tumanguang- Agus Syahdeman, tidak memenuhi syarat (TMS) tes kesehatan,”jelasnya.||| Roni

Editor : Zul