Kontes Adu Burung Balam di Desa Tampeng Kecamatan Kuta Panjang Kabupaten Gayo Lues Minggu (28/8/2022).
Advertisements

AKTUALONLINE.co.id GAYO LUES |||
Bagi pencinta burung balam atau tekukur diseluruh Kabupaten Kota se Provinsi Aceh menjadi ajang kontes dengan cara di adu antar Kabupaten yang selama ini menjadi ajang trending .

Pencinta burung balam Kabupaten Gayo Lues pada Minggu (28 / 8 / 2022 ) mengundang mengundang rivalnya pencinta burung balam dari Lama Inong Abdiya Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh.

Dalam rangka mempererat tali sirahturrahmi sesama pencinta burung balam dengan kontes secara di adu.Adapun kontes adu burung balam atau tekukur ini bukan untuk merebut tropi atau Piala akan tetapi hanya sekedar hiburan semata dengan tujuan mempererat tali sirahturrahmi , dengan adanya kontes seperti ini saling menguntungkan keduabelah pihak.

Salah satu contoh mungkin selama ini yang dari Gayo Lues belum pernah ke tempat lain menjadi tau daerah lain dan begitu pula sebaliknya , dan selama ini ada yang belum kenal menjadi kenal dan bahkan mungkin bisa menjadi saudara angkat dan seterusnya.

Menurut keterangan sejumlah masyarakat Gayo Lues bahwa hal seperti ini sudah lazim dikerjakan dari dulu cuma bedanya bukan antar Kabupaten akan tetapi masih lokal.

Menurut Ketua Perhimpunan Pencinta Burung Balam Kabupaten Gayo Lues saudara Ishak ke Media ini , bahwa dia mengundang dari Lama Inong Abdiya atau dari Kabupaten Nagan Raya dengan jumlah Peserta sebanyak dua puluh sampai dengan 30 orang peserta dari Lama Inong namun dengan satu hal cuaca tidak mendukung terjadinya longsor jalan penghubung antar kedua Kabupaten hanya sekitar 15 orang peserta yang hadir sisanya mengundurkan niatnya untuk balik , ini hal seperti biasa menurut Ishak karna alamnya tidak bersahabat pungkas Ishak.

Adapun acara pembukaan kontes adu burung balam ini tidak terlepas dari tatip seperti kata – kata pembukaan kata petuah dan kata nasehat dan saran ini merupakan sudah menjadi adat dan budaya kita bersama.

Menurut Ishak aman Bai kegiatan ini harus tetap dilanjutkan dan dipertahankan untuk kedepannya pungkas Ishak. |||| Syukran

Editor : Zul

Kontes Adu Burung Balam di Desa Tampeng Kecamatan Kuta Panjang Kabupaten Gayo Lues Minggu (28/8/2022).