Advertisements

AKTUALONLINE.co.id NIAS |||
Bupati Nias, Yaatulo Gulo SE MH MSi, menghadiri Rapat Forum Kepala Daerah (Forkada) Se Kepulauan Nias, tentang upaya penanggulangan Covid-19, yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Nias, Kamis (10/02/2022).

Pada rapat tersebut diawali dengan paparan Kepala Dinas Kesehatan, Keluarga Berencana dan Pengendalian Penduduk Kab. Nias dan dilanjutkan dengan Kapolres Nias, dan dari hasil paparan tentang situasi dan perkembangan Covid -19 di Wilayah Kabupaten Nias dan di Wilayah Hukum Polres Nias, maka kepala Daerah Se-Kepulauan Nias sepakat melakukan, antara lain:

(1) Pengetatan pemeriksaan dokumen Swab/PCR serta kepatuhan pada protokol kesehatan di pintu keluar dan masuk Kepulauan Nias pada lokasi Bandara dan Pelabuhan Laut, dan ini merupakan tanggungjawab seluruh Kabupaten/Kota.

(2) Menerbitkan surat edaran tentang pencegahan dan penanganan Covid-19, dan melakukan monitoring secara berkala.

(3) Ruang isolasi cukup disiapkan di tingkat kabupaten

(4) Pembagian masker pada acara-acara yang menyebakan kerumunan orang banyak

(5) Mempercepat vaksinasi dosis-II agar target persentasi tercapai

(6) Menghimbau penerapan protokol kesehatan di desa-desa dan melalui tempat ibadah serta melakukan koordinasi dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat melalui pertemuan-pertemuan terkait pencegahan Covid-19

(7) Forkada agar melaporkan/menyurati pemerintah pusat dan provinsi terkait kekurangan vaksin dan alat tes TCM/PCR, serta mengantisipasi ketersediaan fasilitas-fasilitas Kesehatan untuk penanganan Covid-19.

(8) Pemerintah bersama TNI/POLRI melakukan razia masker dan razia pada pertokoan terkait kepatuhan pada protokol kesehatan.

(9) Agar para dokter/tenaga medis menganalisis jenis vaksin yang cocok digunakan di Kepulauan Nias Memperbaharui Satgas Covid-19 Kepulauan Nias.

(10) Membentuk Forum Sekretaris Daerah se-Kepulauan Nias dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Surfing Tahun 2022, yang dikoordinir oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias.Selain Bupati dan Wakil Bupati Nias yang hadir pada rapat tersebut juga tampak hadir Walikota Gunungsitoli, Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan, Wakil Bupati Nias Barat, Sekda se-Kepulauan Nias, Dandim 0213 Nias, Danlanal Nias, Kapolres Nias, Wakapolres Nias Selatan, Kajari Gunungsitoli, Asisten Setda se-Kepulauan, Kadis Kesehatan Keluarga Berencana dan Pengendalian Penduduk se-Kepulauan Nias dan OPD terkait se-Kepulauan Nias.||| P.Zebua

 

 

Editor : Zul