AKTUALONLINE.co.id GAYO LUES |||
Sebanyak 372 CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) se-Provinsi Aceh mengikuti pelatihan dasar untuk menjadi Calon PNS, tahun ini Kabupaten Gayo Lues ditunjuk menjadi tuan rumah LATSAR (Latihan Dasar).

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi, kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.

Pelatihan Dasar tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani didampingi oleh Sekda Gayo Lues Ir. H. Rasyidin Porang pada hari Senin (23/08) bertempat di hotel Tawar Dingin Kota Blangkejeren. Turut hadir pula pada pembukaan itu Wakil Walikota Subulussalam, Kabid SDM pada Kantor BKPSDM Aceh serta Kepala BKPSDM kabupaten lainya, dan beberapa kepala SKPK Gayo Lues.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mengoptimalkan apa yang diharapkan pemerintah sebagaimana yang tertulis dalam peraturan Kediklatan dengan pola yang baru seperti sekarang ini.

“Pada saat nanti akan tiba giliran saudara untuk memberikan kontribusi yang besar untuk pembangunan Kabupaten di wilayah kerja masing-masing, apalagi saat ini dunia industri sudah memasuki era baru yang dikenal sebagai revolusi industri 4.0 atau era digital, hal ini ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi secara masif oleh masyarakat” jelasnya.

Kemudian Kepala BKPSDM Aceh Drs. Jamaluddin MPD menyebutkan bahwa tahun ini Gayo Lues dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Latsar CPNS Aceh, adapun daerah yang mengikuti Latsar yang dilaksanakan di Gayo Lues antaranya adalah Kabupaten Simeuleu, Subulussalam, Kota Langsa, Abdya dan Aceh tengah.

Kabupaten Gayo Lues sendiri dipercayakan oleh BKPSDM Aceh sebagai Panitia penyelenggara, pelatihan yang ditempatkan di tiga lokasi yang berbeda antara lain Hotel Tawar Sejuk, Nusa Indah dan Hotel Marmas.

Sementara itu Kabid Pengembangan Potensi, Manajerial dan Sosio Kultural pada BKPSDM Aceh Nalul Autar mengatakan bahwa Kabupaten Gayo Lues dipilih sebagai tempat paling persentatif pada masa pandemik covid-19 daripada kabupaten lain yang ada di Aceh.

Pelatihan Latsar ini sebagai syarat untuk menjadi PNS, pada pelatihan ini calon PNS akan diberikan materi kepribadian, wawasan kebangsaan, etika, publik karakter dan manejemen Adminitrasi. ||| Syukran/Didi

 

Editor : Zul