25.4 C
Indonesia
Jumat, 24 Mei 2024

320 Karateka Ikuti Kejuaraan FORKI CUP Pertama Tahun 2022 Toba

Berita Terbaru

* Didukung Para Sponsor: Toba Pulp Lestari. PT INALUM (Persero), PT BDSN (Bazra Daya Sentra Nusa), Ramos Ponsel Laguboti dan JNT Laguboti

AKTUALONLINE.co.id TOBA |||
Sebanyak 320 karateka mengikuti Kejuaraan Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Bupati Cup – I tahun 2022 digelar selama dua hari (14 – 15 Mei 2022) di Pendopo rumah Dinas Bupati Kabupaten Toba.

“Pertandingan Kejurkab Forki Bupati Toba Cup – 1 tahun 2022 ini diikuti sedikitnya 320 orang atlet karate dari 6 perguruan se-Kabupaten Toba.”

Demikian, Disampaikan Ketua Umum Forki Toba Tonny Simanjuntak melalui Ketua Harian Forki Toba Marimbun Marpaung saat dikonfirmasi awak media di sela kegiatan.

Ke Enam perguruan yang mengikuti pertandingan FORKI Cup 1 ini antara lain Karate KKI, TAKO, KEISHINKHAN, GOKASI, Goju Ass dan Kala Hitam Indonesia.

Marimbun menjelaskan dengan hadirnya Kejuaraan Forki 2022 tersebut dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan antar-karateka dan pengurus perguruan karate.

“Ini sebagai wadah pemersatu bangsa sebab dipastikan peserta sudah memiliki mental tinggi dan berbudi luhur serta menjunjung tinggi nilai disiplin dan moralitas. Sehingga dapat munculkan atlet yang handal dan profesional,” Katanya.

Ia menambahkan dengan even tersebut juga diharapkan akan melahirkan atlet muda yang dapat dibanggakan.

sabar Siagian selaku Ketua Panitia Pelaksana kepada media menjelaskan, bahwa para atlet Karateka yang dipertandingan mulai dari kategori:

Perseorangan usia dini putra/putri usia 8-9 tahun.

Perseorangan pra pemula Putra/putri usia 10 – 11 tahun.

Perseorangan pemula putra/putri usia 12-13 tahun.

Perseorangan Cadet putra/putri usia 14-15 tahun.

Perseorangan junior Putra/Putri Usia 16-17 tahun.

Dan Perseorangan senior Putra/Putri di atas 18 tahun.

Ketua Umum Forki Kabupaten Toba Tonny Simanjuntak SE dalam sambutannya pada pembukaan cara Kejuarkab menyampaikan, kepada seluruh karateka untuk tetap menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding.

Dalam pesannya Tonny menegaskan, untuk menjadi seorang atlet karateka harus memiliki badan tubuh dan pemikiran yang sehat. Sebagai seorang atlet harus menjauhi narkoba dan berbagai tindakan kriminal lainnya juga hal lainnya yang melanggar aturan Hukum dan Undang Undang.

“Jika sampai ada yang terindikasi pengguna narkoba dapat dipastikan akan merugikan diri sendiri dan prestasi olahraga itu sendiri,” Ujarnya.

Ia juga berharap Kepada sekolah di Kabupaten Toba mendukung kegiatan olahraga karate ini sebagai salah satu ekskul disekolah. Bagi sekolah yang memberangkatkan atlet karate untuk bertanding di kejuaraan ini diminta membina dan memajukan atletnya masing-masing.

Wakil Bupati Toba ini juga menyebutkan, suksesnya pelaksanaan Kejurkab Forki Bupati Toba Cup-1 Tahun 2022 ini tidak terlepas dari peran serta dukungan dari perusahaan swasta PT.TPL, Tbk, PT.INALUM (Persero), PT.BDSN (Bazra Daya Sentra Nusa), Ramos Ponsel Laguboti dan JNT Laguboti serta beberapa sponsor lainnya.

Sementara Bupati Toba Ir Poltak Sitorus dalam sambutannya berharap kejuaraan Forki dapat memberikan dampak yang baik bagi semua atlet khususnya kaum pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa.

“Selain itu dapat juga meningkatkan kemampuan dalam pengembangan olahraga karate supaya terus berkembang dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Sehingga mampu memunculkan atlet karate di Kabupaten Toba hingga tercapainya Toba yang maju dan berdaya saing,” ujarnya.

Kesuksesan pelaksanaan Kejurkab Forki Bupati Toba Cup-1 yang digelar tahun ini akan menjadi acuan untuk pelaksanaan Kejurkab Forki Toba di tahun tahun berikutnya.

“Kita berharap di Porprov Sumut (Pekan Olahraga Propinsi Sumatera Utara) di bulan November 2022 yang akan datang tim Karate Kabupaten Toba harus bisa meraih 10 medali Emas. Bila target ini bisa dicapai saya berjanji akan memberikan biaya pembinaan Rp 1 juta per atlit,” ujarnya.

Sebelumnya Poltak Sitorus menyerahkan piala bergilir Bupati Kabupaten Toba kepada Ketua Umum Foeki Toba Tonny Simanjuntak didampingi Ketua Harian Marimbun Marpaung.

Piala bergilir diberikan Bupati untuk diperebutkan dan nantinya diberikan kepada sang juara umum terbaik di Kejurkab Forki Bupati Toba Cup.

Selanjutnya Ketua Umum Forki didampingi Ketua Harian menyerahkan Piala bergilir Bupati Toba kepada Ketua Paniti Pelaksana Kejurkab Forki Bupati Toba Cup-1 Tahun 2022 Sabar Siagian didampingi Sekretaris Panitia Pelaksana Hendri Napitupulu untuk selanjutnya diperebutkan oleh atlet karateka yang bertanding.

Piala Bergilir ini menjadi milik karateka secara utuh dengan ketentuan apabila seorang atlet menjadi juara 1 umum (terbaik) memilikinya dan dapat mempertahankan Piala bergilir di kejuaraan berikutnya selama tiga tahap Pertandingan Kejurkab secara berturut turut tidak pernah kalah, maka sang atlit krateka akan memilikinya secara mutlak. ||| JSS

 

 

Editor : Zul

Baca Selanjutnya

Berita lainnya