26.4 C
Indonesia
Kamis, 13 Juni 2024

Putra Putri Bangka Belitung Siap Berbakti Kepada Ibu Pertiwi Melalui Komcad

Berita Terbaru

AKTUALONLINE.co.id PANGKALPINANG ||| Korem 045/Gaya melaksanakan rekrutmen Komcad tahun 2022 kepada putra putri Bangka Belitung, Selasa 10/05/2022 bertempat di aula Makorem 045/Gaya Jakan Pulau Bangka Kel. Air Itam Kec. Bukit Intan Kota Pangkalpinang.

Komponen Cadangan atau disingkat Komcad merupakan salah satu unsur dari sumber daya militer di luar komponen utama pertahanan negara yaitu TNI. Dibentuknya Komponen Cadangan yakni melahirkan kesadaran bela negara sekaligus memperkuat kekuatan utama pertahanan negara dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara.

Dalam Pengelolaan Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung akan menjadi aspek strategis bagi ketahanan bangsa. Dalam fungsinya, TNI merupakan komponen utama yang diperkuat dengan komponen Cadangan yang dapat dimobilisasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis, MDA diwakili Kasrem 045 Kolonel Inf Parluhutan Marpaung mengawasi jalannya seleksi penerimaan oleh tim werving di Sub Panda Korem 045/Gaya menyampaikan Pembentukan Komponen Cadangan sendiri diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Komponen Cadangan dapat diikuti oleh warga negara yang cukup umur yaitu batasan usia 18-35 dengan mendaftar secara sukarela dan tanpa paksaan yang mana tetap berstatus sebagai warga sipil, kemudian diorganisir dalam rangka menjaga kesiapsiagaan apabila kedepan dibutuhkan bagi kepentingan pertahanan negara Indonesia.

Penerimaan dilakukan di Kodam II Sriwijaya 500 orang, Kodam VI Mulawarman 500 orang, dan Kodam XIV Hasanudin sebanyak 500 orang untuk TNI AD, kemudian di Kodikmar Surabaya sebanyak 500 orang untuk TNI AL, dan di Pusdiklatpasgat Bandung sebanyak 500 orang untuk TNI AU.

Pendaftaran komponen cadangan 2022 dibuka dari 1 maret – 8 Mei 2022. Proses seleksi akan dilakukan di bulan Mei 2022 dan dilanjutkan dengan pelatihan dasar militer atau Latsarmil dilatih sekitar tiga bulan.

Harapannya bagi putra putri Bangka Belitung antusias dalam mendaftarkan diri untuk pengabdian dalam komponen cadangan memenuhi panggilan Ibu Pertiwi khususnya diwilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.||| Mln/**

 

 

Editur : Redaksi

Baca Selanjutnya

Berita lainnya