26.4 C
Indonesia
Minggu, 19 Mei 2024

Undhar Lestarikan Spirit Ramadhan Dengan Buka Puasa Bersama

Berita Terbaru

AKTUALONLINE.co.id MEDAN |||
Bulan Ramadhan merupakan momentum berharga bagi umat Islam untuk melakukan perubahan mental spiritual dalam meningkatkan kualitas hidup dengan memperkuat hubungan dan kedekatan kepada Allah SWT.

“Melalui buka puasa bersama yang kita adakan setiap tahunnya ini tentunya sebagai tradisi atau kebiasaan dalam upaya melestarikan spirit Ramadhan,” kata Rektor Universitas Dharmawangsa (Undhar), Dr H Zamakhsyari Lc MA usai berbuka puasa bersama di kampus tersebut Jalan KL Yos Sudarso Medan.

Menurut rektor, kebiasaan baik yang sudah dirintis para pendahulu itu harus dilanjutkan karena dalam perspektif agama, tradisi baik itu bisa mengalir pahalanya kepada mereka sebagai pencetus pertama kalinya.

Didampingi Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa H Muzakkir SE, rektor menambahkan, tradisi buka puasa bersama (bukber) juga melestarikan budaya silaturahmi. Sehingga selama momen buka puasa ini semakin terjalin keakraban antara Yayasan Undhar dan keluarga besar Undhar termasuk unsur pimpinan di SMA Dharmawangsa.

Tentunya untuk melangkah maju agar semakin baik, kata rektor perlu ada kekuatan kebersamaan dan ini menjadi modal penting.

“Jadi dua hal ini yang tentunya paling menjadi landasan kebiasaan ini terus kita lestarikan. Apalagi kampus ini meliburkan kegiatan akademik atau perkuliahan,” bebernya.

Buka puasa bersama yang dibalut dengan suasana hangat penuh rasa kekeluargaan pada Sabtu (9/4/2022) itu dihadiri Wakil Rektor III Undhar, M Amri Nasution SE MSi, Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) As Salam, H Salahuddin Has, Pengawas Yayasan Saiful Anwar, Sekretaris Yayasan Dra Farida Hanum Nasution MAP, Ketua LPM T.Syahril Daoed serta civitas akademika Undhar lainnya.

Disebutkan rektor, supaya suasana kampus tampak beraktivitas selama Ramadhan, maka dibuat kegiatan-kegiatan keagamaan di Masjid As Salam Yayasan Pendidikan Dharmawangsa.

Bahkan sudah berapa tahun ini Masjid As Salam Yayasan Pendidikan Dharmawangsa dapat menampung jemaah untuk sholat Jumat.

Jadi supaya menghidupkan suasana Ramadhan semakin semangat dan semarak maka program buka puasa bersama ini, tambah rektor diisi dengan rangkaian keagamaan.

Setidaknya setiap hari Senin hingga Kamis ba’da zuhur ada ceramah pengajian. Kemudian setelah berbuka puasa, dilanjutkan dengan shalat magrib berjamaah, makan malam dan juga diselingi tausiah kultum antara sholat Isya dan Tarawih

“Demikian pula di siang harinya, kita libatkan para keluarga besar untuk aktif dengan kegiatan sedekah takjil yang juga bagian dari sumbangsih keluarga besar Dharmawangsa supaya kita bisa meramal bersama-sama,” kata Zamakhsyari.

Ketua BKM As Salam Yayasan Pendidikan Dharmawangsa, H Salahuddin Has menambahkan, pada rangkaian Ramadhan, Undhar juga melakukan donasi lewat program Dharmawangsa Peduli berupa pembagian paket sembako yang disalurkan setiap dua pekanan sekali dan bulanan.

“Dengan kepedulian Undhar itu kita harapkan keberkahan kampus ini melalui berbagi kebahagiaan khususnya di masa pandemi ini,” ujar Salahuddin.

Selain itu katanya, Undhar juga sudah bermitra dengan Kecamatan Medan Barat dengan memberikan paket sembako ke beberapa petugas kebersihan Bestari seperti minyak goreng, beras, gula dan teh.

“Kita bersyukur Allah SWT masih memberikan kekuatan dan kemampuan untuk bertahan khususnya di masa pandemi ini. Karenanya sudah seyogianya kita peduli dan berbuat untuk sesamanya,” ucapnya.||| Zul/Bhirink

 

Editor : Zul

Baca Selanjutnya

Berita lainnya