21.4 C
Indonesia
Sabtu, 13 Juli 2024

Palas Musrembang 2023, Plt Bupti Tekankan Cermati Permasalahan yang Ada

Berita Terbaru

AKTUALONLINE.co.id PALAS |||
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah laksanakan Musrenbang RKPD Tahun 2023. Musrembang berlangsung di Aula Al-marwah Hotel, Sibuhuan dengan jumlah peserta 75 dari berbagai unsur kepentingan yang ada di Kabupaten Palas,Rabu (23/3)

Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) diwakili PLH Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Plt Bupati Palas, Ketua DPRD, Pimpinan Forkominda, Sekda dan para pimpinan OPD serta tamu undangan di Kabupaten Palas

Plt Bupati drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si dalam pembukaan musrembang menyampaikan tema musrembang RKPD Kabupaten Palas 2023 adalah Percepatan Ekonomi dan Sosial masyarakat dalam pencapaian Pembangunan Kabupaten Palas yang Bercahaya.

Untuk itu, Plt Bupati menekankan harus menpedomani dari kondisi objektif pembangunan pada tahun sebelumnya dan dengan memperhatikan tingkat pencapaian tahun 2021 serta target pada tahun 2023 dengan mencermati berbagai permasalahan yang ada dan memperhatikan kemampuan keuangan daerah.

‘Maka prioritas pembangunan Kabupaten Palas disusun berdasarkan skala prioritas dan juga memperhatikan prioritas rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2023 serta visi-misi RPJMD (P) Kabupaten Palas tahun 2020-2024 makan tema RKPD Kabupaten Palas tahun 2023,” terang Plt Bupati AZP.

Kepala Bappeda Triyanta HKD,SE, M. Si selaku Ketua Panitia Musrembang RKPD Kabupaten Palas dalam laporannya menyampaikan adapun dasar hukum UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Ranperda tentang RKPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJMD, RPJMD dan RKPD.

“Musrembang Kabupaten dilaksanakan sebagai tahapan lanjutan dari proses pelaksanaan Musrembang desa yang dilaksanakan pada awal bulan Januari dan pelaksanaan musrembang Kecamatan gabungan yang dilaksanakan di lima (5) Kecamatan pada tanggal 31 Januari sampai 8 Februari 2022 serta Forum perangkat daerah tanggal 24 Februari 2022 lalu,”terang Kepala Bappeda Triyanta.

Triyanta menjelaskan pelaksanaan Musrembang ini untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Palas tahun 2023.

“Melalui Forum ini diharapkan dapat menyepakati isu strategis permasalahan pembangunan. Menyepakati tema pembangunan. Menyepakati prioritas pembangunan,” tandasnya.

Kepala BPKAD Hj Yenni Nurlina Siregar SP menyampaikan keseluruhan instrumen untuk meningkatkan kualitas pengalokasian belanja daerah agar lebih produktif dan fokus terhadap pelayanan dasar masyarakat dan mandatory spending, sehingga terjadi akselerasi pemerataan kualitas layanan publik dan kesejahteraan masyarakat daerah di Kabupaten Palas.

Gubsu yang diwakili oleh PLH Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, menyampaikan perencanaan pembangunan tahun 2022-2023 prioritas infrastruktur penanganan jalan sepanjang 34,80 Km di Kabupaten Palas.

Berikut Rinciannya :

Peningkatan kapasitas jalan provinsi ruas Ujung Batu-Batas Riau sepanjang 3,40 Km.
Peningkatan kapasitas jalan provinsi ruas Sibuhuan-Ujung Batu sepanjang 3,60 Km.
Pembangunan RUAS jalan Sibuhuan-Panyabungan sepanjang 7 Km.
Peningkatan kapasitas jalan provinsi ruas
Binanga (batas Paluta) – Aek Nabara Tonga sepanjang 2,20 Km.
Peningkatan kapasitas jalan provinsi ruas Paringgonan – Sibuhuan sepanjang 1,60 Km
Peningkatan kapasitas jalan provinsi ruas Sihaporas (Batas Paluta) – Paringgonan sepanjang 7 Km.
Peningkatan kapasitas jalan provinsi ruas Aek Nabara Tonga – Sibuhuan sepanjang 5 Km.
Peningkatan kapasitas jalan provinsi ruas Aliaga – Muara Tige – Batas Riau sepanjang 5 Km
Pembangunan saluran drainase sepanjang 4.000 meter.
Pembangunan jembatan Aek Silandorung di Kabupaten Palas untuk mendukung akses konektivitas antar Kabupaten/Kota |||| Agus.P

 

 

Editor : Zul

Baca Selanjutnya

Berita lainnya