25.4 C
Indonesia
Rabu, 29 Mei 2024

Kapolres Langkat Hadiri Silaturahmi Kebhinekaan

Berita Terbaru

AKTUALONLINE.co.id LANGKAT |||
Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, S.H, S.I.K hadiri kegiatan silaturahmi kebhinekaan bersama tokoh agama, tokoh adat dan tokoh Masyarakat Langkat di RM. Sobat. Jend. Sudirman, Kel. Perdamaian, Kec. Stabat, Selasa (22/3/2022) pukul 11.00 Wib.

Dengan tema “Merawat Kebhinekaan, Meneguhkan Persaudaraan, Guna Mewujudkan Harmonisasi Kehidupan Bermasyarakat di Kabupaten Langkat”.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, S.H, Dandim 0203 Langkat yang diwakili Danramil Stabat Kapten ARH. Irhoma Harahap, Danyon Marinir yang diwakili Dankima Yanif 8 Marinir Kapten Marinir Tulus Krido Sulistio, Kasat Intelkam Polres Langkat AKP M. Syarif Ginting, SH, Kasat Binmas AKP Efendi Panjaitan.

Juga hadir Ketua MUI Kab. Langkat H. Zulkifli Ahmad Dian LC, MA, Ketua PC. Muhammadiyah Kab. Langkat H. Sujarno, S.Sos, M. Si,Ketua PD. Alwasliyah Kab. Langkat Drs. Syahrizal MZ, Ketua PC. NU Kab. Langkat M. Khalid, S.Pdi, M.Pd, Ketua DMI Langkat H. Iskandar Sugito, S.Pd, MM, Ketua MPI Kab. Langkat Heri Widiyanto, perwakilan Tokoh Adat, Tokoh Wanita, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Kab. Langkat, dan para undangan.

Kegiatan diawali dengan pembacaan doa oleh Ustadz Mansyur S.Ag, menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan kegiatan oleh Ketua FPK Kab. Langkat Drs. Syahrizal MZ, lalu kata sambutan perwakilan tokoh agama Ketua MUI Kab. Langkat H. Zulkifli Ahmad Dian LC, MA. mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah karena kegiatan ini bisa terlaksana setelah lebih dari tahun kita menghadapi Covid 19.

Lebih lanjut Ketua MUI Langkat menyampaikan, Puji Syukur kepada Allah karena kegiatan ini bisa terlaksana setelah lebih dari setahun kita menghadapi Covid 19, maka kegiatan ini sangat positif karena dapat mempersatukan dan membuat harmonis persaudaraan di Kab. Langkat.
Dalam agama kita juga diajarkan untuk menjalin hubungan silaturahmi, baik antar agama dan etnis apapun, Karena Allah SWT menciptakan kita dengan keragaman, Sehingga kita harus tetap saling menghargai, menghormati dan merawat serta menjaga perbedaan yang ada.

Agama Islam itu cinta damai dan tidak pernah mengajarkan permusuhan, mudah-mudahan kedepannya Kab. Langkat bisa menjadi lebih baik lagi.

Perwakilan Tokoh Adat Nurdin Tarigan dalam sambutanya menyampaikan, ”Kami akan menjadi garda terdepan agar tidak ada gesekan di Kab. Langkat, Kami berharap jangan hanya sebatas ini saja dilakukan kegiatan silaturahmi tapi terus berkesinambungan agar Kab. Langkat tetap aman dan kondusif.”

Sementara itu, Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH dalam sambutannya mengatakan, ”Ini adalah acara luar biasa, walaupun hari ini kami juga ada acara Hari air sedunia di Kec. Kuala, namum kami lebih utamakan hadiri kegiatan bersama tokoh di tempat ini. Alhamdulillah Covid 19 sudah agak mereda, saat ini kita di level 2, mudah-mudahan kedepan kita bisa level 1. Terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini yang sangat positif dan bermanfaat untuk keutuhan Kab. Langkat.

Di Kab. Langkat ada 14 etnis, artinya Langkat ini milik kita semua, tidak boleh ada yang menonjol. Kami sering berkumpul dan berbincang dengan Kapolres Langkat serta Dandim untuk kemajuan Kab. Langkat, Dan kegiatan ini bisa menjadi ajang kita untuk bersilatuhami dan sangat positif agar lebih harmonis kedepannya,” Harap Bupati.

Dalam paparannya Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, S.H, S.I.K menyampikan, bahwa Kab. Langkat saat ini berada di level 2, untuk turun di level 1 vaksinasi lansia harus berada di 70%. Untuk saat ini Kab. Langkat belum dapat memenuhi target tersebut.

Kegiatan ini memang usulan dari Polres Langkat, namun kami menggandeng Ketua FPK Kab. Langkat Drs. Syahrizal MZ dalam pelaksanaannya, mestinya giat ini dari awal dilaksanakan, namun karena fokus giat vaksinasi baru bisa diselenggarakan pada saat ini. Saya sangat ingin bersilaturahmi ke rumah tokoh-tokoh agama yang ada di Kab. Langkat, namun karena banyaknya kegiatan belum dapat terlaksana sepenuhnya, makanya dilaksanakan kegiatan ini.

Kapolres Langkat juga berharap situasi yang aman dan kondusif menjelang bulan suci Ramadhan, agar Umat muslim bisa beribadah dengan rasa nyaman.untuk itu, mari kita saling bertoleransi. Lakukan koordinasi antar tokoh agama dan adat, apabila ada perselisihan atau permasahalan agar dibicarakan dahulu dengan baik.

“Kami memang mengharapkan tidak ada aksi unjuk rasa di Kab. Langkat, lebih baik kita melaksanakan mediasi audiensi terlebih dahulu. Saya juga bersyukur punya istri yang sering memberikan ide serta mendukung kinerja saya,” terangnya.

Dalam giat tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan sosial Polres Langkat secara simbolis kepada perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Adat dan tokoh Masyarakat oleh Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, S.H, S.I.K yang didampingi Ibu Ketua Bhayangkari cabang Langkat Ny. Indri Danu Pamungkas Totok.

Kegiatan di akhiri dengan sesi foto bersama kemudian dilanjutkan makan siang bersama. Sekira pukul 12.00 Wib, seluruh rangkaian kegiatan silaturahmi kebhinekaan bersama tokoh agama, tokoh adat dan tokoh Masyarakat Langkat selesai dilaksanakan, berjalan dengan aman dan tertib serta dalam pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan. ||| Samsidar Saragih

 

 

Editor : Zul

Baca Selanjutnya

Berita lainnya