26.4 C
Indonesia
Kamis, 13 Juni 2024

Kunker Kejati Babel Ke Bateng Lihat Kondisi Pegawai Kejari Sekaligus Beri Arahan

Berita Terbaru

AKTUALONLINE.co.id KOBA ||| Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menggelar pembinaan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ke Bangka Tengah, Kamis (17/03/22).

Kegiatan yang digelar di Gedung Serba Guna Kabupaten Bangka Tengah ini dihadiri seluruh Kepala OPD, Pejabat Eselon II dan III, Sekda, Camat, dan Lurah. Sementara Kajati Babel, Daru Tri Sadono, didampingi Asisten Tindak Pidana Khusus, Ketut Winawa, dan Koordinator Bidang Pidana Khusus, Yanuar Utomo.

Kunker ini secara langsung memantau kondisi pegawai Kejaksaan Negeri Bangka Tengah sekaligus memberi arahan kepada ASN di lingkungan Pemkab Bangka Tengah terkait kedisiplinan khususnya dalam penggunaan APBD.

“Kegiatan pembinaan ini dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan sistem pemerintahan di Kabupaten Bangka Tengah melalui pengembangan character building untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Untuk itu segala rencana kegiatan dan rencana pembangunan harus bisa dibuktikan, apakah semuanya sudah dilaksanakan dengan baik atau belum,” ucap Daru.

“Setiap kegiatan yang ada di masing-masing OPD,” lanjutnya, “Harus bisa diintegrasikan satu sama lain demi kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, pekerjaan yang dilakukan oleh sebuah OPD bukan hanya semata-mata dijadikan sebagai tugas kedinasan. Jadi para ASN yang telah diberi beban untuk melaksanakan pembangunan di daerah, harus memiliki skill dan mental yang baik,” jelasnya.

Ia menjelaskan, yang dimaksud dengan skill dan mental yang baik, bukan hanya sebatas tidak korupsi, melainkan juga harus melakukan mitigasi risiko dan menyiapkan langkah-langkah strategis ke depannya.

“Maka dari itu, pihak Kejaksaan bukan hanya bertugas sebagai aparat penegak hukum atau kontrol sosial tetapi juga merupakan instrumen pemerintah yang harus bersinergi dengan pemerintah daerah,” tambah Daru.

Tidak lupa, Daru juga berpesan agar para ASN tidak segan berkonsultasi kepada pihak Kejaksaan, apabila menemukan kendala dalam pelaksanaan program atau kegiatan yang menggunakan APBD.

Sementara itu saat dimintai keterangan, Herry Erfian mengucapkan syukur atas dilaksanakannya pembinaan hari ini. Ia berharap setelah adanya pembinaan kedisiplinan ini, dapat memberikan pencerahan kepada para ASN.

“Semoga setelah pembinaan ini para ASN di lingkungan Pemkab Bangka Tengah dapat bersikap lebih baik dan bijak. Yang terpenting adalah koordinasi dan komunikasi karena kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri dan harus bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan,” ujar Herry Erfian.

Pagi harinya, rombongan Kajati Babel disambut hangat oleh Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Sugianto, dan dilanjutkan menjadi Pembina Upacara yang diikuti dengan antusias oleh para ASN Bangka Tengah.||| Maulana

 

 

Sumber : Diskominfosta Bateng                    Editur    : Sukarto

Baca Selanjutnya

Berita lainnya