26.4 C
Indonesia
Kamis, 13 Juni 2024

Ketua DPRD Kab. Bangka Iskandar Jalin Kerjasama MoU Dengan UBB 

Berita Terbaru

AKTUALONLINE.co.id BANGKA ||| Bertempat digedung Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPRD) Kabupaten Bangka telah menjalin MoU kerjasama antara DPRD Kabupaten Bangka dan Universitas Bangka Belitung. Senin (07/2/22.).

Turut hadir dalam giat MoU tersebut ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar SIP didampingi Wakil Ketua Mendra Kurniawan, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bangka dan Sekretaris DPRD Kabupaten H.Erry Gusnawan SE. perwakilan Ubb Ibrahim dan hadirin lainnya.­

Ketua DPRD Kabupaten Bangka Iskandar SIP mengatakan dengan adanya Universitas Bangka Belitung, mereka adalah bagian pembangunan juga sebuah kebanggan tersendiri bagi masyarakat Bangka Belitung, oleh karena itu kita harus saling berkoordinasi, bekerjasama dengan Universitas Bangka Belitung ini.

” Dengan adanya MoU ini kepastian hukumnya sudah jelas menerbitkan dalam menerbitkan suatu Perda sehingga menerbitkan bermanfaat untuk Kabupaten Bangka, dalam rangka meningkatkan Pendapatan Daerah,” terang Ketua DPRD Bangka.

Lebih jauh Ibrahim perwakilan dari UBB menjelaskan MoU dengan Ketua DPRD dalam rangka kerjasama Tridarma salah satunya membantu DPRD untuk melakukan telaah kajian akademik dan rancangan-rancangan peraturan daerah.

” Memang MoU hari ini payung hukumnya, nanti selebihnya untuk kegiatan operasionalnya akan dilakukan anggota DPRD dengan fakultas hukum, jadi salah satu jenis kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pendampingan untuk penyusunan rancangan peraturan daerah yang itu bisa menjadi inisiatif dan juga pembahasan- pembahasan di dewan,” ujar Ibrahim.

” Kemudian untuk format kegiatan pendampingan dan UBB sudah mempunyai lisensi untuk melaksanakan Bimtek DPRD, itu juga salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan, selama ini kami sudah terlibat cukup banyak di berbagai kegiatan Bimtek DPRD,” sambungnya.

Diungkapkan Ibrahim, UBB salah satu yang punya izin dari Kementerian Dalam Negeri untuk melaksanakan Bimtek dan MoU ini 4 tahun, ini hanya formalitas, sebenarnya selaku Perguruan Tinggi di Bangka selalu berada dalam pengawasan dan pembinaan dari DPRD.

” Kita sadar betul dan sangat tergantung dari dukungan dari DPRD karena secara geografis Universitas Bangka Belitung berada di wilayah kedaulatannya DPRD Kabupaten Bangka,” tambah Ibrahim.

Sementara ini pihaknya sedang mengajukan 3 program studi S2, S2 Hukum, S2 Manajemen dan S2 Pertanian, dan mengusulkan 5 program studi baru S1 di luar program studi kedokteran yang juga sedang berproses. Cuma memang program studi kedokteran ini prosesnya cukup panjang dan kami tidak menargetkan terlalu cepat, tetapi skenarionya dalam beberapa tahun ini kami menyelesaikan kajian program akademik untuk program studi kedokteran.

“Jadi ada 8 program studi baru yang sedang disiapkan oleh Universitas Bangka Belitung. Kalau sekarang kita punya 20 program studi. Mahasiswa kita sekitar 5.877 orang berasal dari 18 propinsi dan saat ini dengan belum adanya program studi baru kami menerima 1.750 per tahun. Dan itu berasal 20% nya dari luar Propinsi Bangka Belitung,” imbuh Ibrahim.

Dengan masuknya prodi baru kalau tahun ini terpenuhi, kami akan menerima lebih banyak lagi, mungkin sampai 2 ribu sampai 2.500 per tahun untuk mahasiswa baru.

” Kami menargetkan dalam 4-5 tahun ke depan Universitas Bangka Belitung mempunyai 10 ribuan mahasiswa. Dengan performa program studi yang banyak, mudah-mudahan Universitas Bangka Belitung akan semakin kuat,” jelasnya.||| Maulana/**

 

Editur : Sukarto

Baca Selanjutnya

Berita lainnya