23.4 C
Indonesia
Kamis, 13 Juni 2024

Temu Jurnalistik Koran AKTUAL Tahun 2020 Sukses

Berita Terbaru

*Kompetensi Wartawan Menuju Profesional

AKTUALONLINE.co.id MEDAN |||

Puluhan pertanyaan “terlempar” dari sejumlah wartawan AKTUAL saat digelarnya acara Temu Jurnalistik Koran AKTUAL tahun 2020 yang mendatangkan narasumber Drs.Tohap Simamora dari Anggota Madya Dewan Pers.

Kegiatan yang dilangsungkan di Kantor Redaksi Koran AKTUAL Jalan Menteng VII No 101 Medan, Sabtu,14 November 2020 tersebut menjadi moment penting bagi wartawan AKTUAL yang akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Pendalaman dan pengkajian yang berbalut paparan mendalam terkait kiat-kiat menjadi wartawan yang memiliki integritas dan profesional disampaikan Tohap Simamora.

Dalam paparannya,Tohap Simamora menyampaikan patron yang harus dipelajari dan diperdalam saat mengikuti UKW nantinya.

Dikatakan Tohap Simamora,semua orang bisa saja mengakui dirinya sebagai wartawan dengan mengantongi KTA kewartawanan,tetapi apakah keberadaan wartawan tersebut dapat diakui masyarakat dan pemerintah. Untuk itu Dewan Pers telah membuat aturan yang harus diikuti dengan menggelar UKW melalui organisasi kewartawanan yang salah satunya adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Dihadapan puluhan wartawan AKTUAL yang hadir pada Temu Jurnalistik Koran AKTUAL Tahun 2020 dan sekaligus Sykuran 13 Tahun Koran AKTUAL, Tohap Simamora menyampaikan kisi-kisi dan panduan serta pembekalan bagi wartawan AKTUAL yang akan mengikuti UKW tersebut.

Menurut Drs.Tohap Simamora yang telah mengantongi kartu UKW sejak tahun 2011 dengan status keanggotan Madya,bahwa Uji Kompetensi Wartawan (UKW) merupakan salah satu persyaratan dan patron yang ditetapkan Dewan Pers untuk melahirkan wartawan-wartawan professional dan ahli dibidangnya.

Menurut Tohap Simamora, dalam mengikuti UKW seorang wartawan harus benar-benar mendalami beberapa hal seperti Kesadaran dalam hal ini etika dan norma-norma dan termasuk juga dalam kesadaran hukum. Disamping itu juga pengetahuan dalam hal ini pengetahuan umum,pemahaman teori jurnalistik dan juga pengetahuan khusus disamping itu juga keterampilan yang meliputi reportase,menggunakan alat kegiatan jurnalistik,keterampilan risset tekhnologi dan informasi serta memiliki e-mail pribadi.

Usai menyampaikan paparan dari narasumber Drs Tohap Simamora,sejumlah wartawan AKTUAL melakukan tanya jawab terkait persiapan menuju UKW.

Sementara Pimpinan Umum Koran AKTUAL Drs T.Abel Sirait menyampaikan apa yang telah ditetapkan Dewan Pers harus diikuti seperti Verifikasi Surat Kabar dan UKW bagi wartawannya. Abel Sirait menegaskan semua wartawan AKTUAL harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sehingga dapat lebih profesional dan diakui masyarakat serta pemerintah dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.||| Zul

 

 

Editor : Zul

 

Baca Selanjutnya

Berita lainnya